4 Olahraga Sederhana Buat Jantung Sehat

Setuju, dong, kalau jantung merupakan bagian tubuh yang paling penting dan perlu dijaga kesehatannya? Bila Anda setuju, yuk, mulai lakukan olahraga sebagai bagian gaya hidup agar bisa menjaga kesehatan jantung.

Sebuah studi mengatakan, bila seseorang melakukan olahraga ringan setiap hari, maka kebugaran fisiknya bisa terjaga. Menurut Dr. Siska Surianda Danny, Sp.JP(K), anggota pengurus Yayasan Jantung Indonesia dalan acara konfrensi pers Peringatan Hari Jantung Sedunia 2017 pada hari Kamis, 14 September 2017, setidaknya olahraga harus dilakukan 150 menit per minggu, setara dengan 30 menit per hari selama 5 hari atau 50 menit per hari selama 3 hari.

Tidak perlu lakukan olahraga yang berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berikut ini.

1. Senam jantung
Olahraga ini baik untuk kesehatan jantung. Senam jantung bermanfaat untuk mempelancar aliran di seluruh tubuh sehingga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang biasa berasal dari kolestrol dan lemak. Lakukan senam jantung selama 30 menit supaya kebutuhan oksigen tubuh bisa terpenuhi.

2. Jalan cepat di pagi hari
Jalan cepat bisa meningkatkan detak jantung dan menurunkan risiko serangan jantung bila dilakukan secara teratur. Jadi, usahakan untuk bangun pagi dan lakukan olahraga ringan ini. Selain baik untuk jantung, jalan cepat juga bisa menjaga berat badan dan meningkatkan mood, lho.

3. Renang
Berenang bisa menurunkan stres serta bermanfaat untuk jantung seperti menurunkan detak jantung, membantu pernapasan, dan melancarkan sirkulasi darah serta menjaga tekanan darah. Lakukan olahraga ini setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Sepeda
Selain menyenangkan, bersepeda secara teratur bisa menurunkan resiko masalah jantung seperti stroke dan serangan jantung. Gerakan mengayuh sepeda membuat tubuh bergerak dengan aktif, jadi, baik juga untuk pembuluh darah dan paru-paru.

Itulah olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membuat jantung tetap sehat. Ingat, lakukan secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari selama 5 hari atau 50 menit selama 3 hari (maksimal 150 menit per minggu).

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tropicola Tempat Nongkrong Konsep Retro di Bali

Wed Nov 13 , 2019
Hymar – Salam sobat semua, kali ini kami membahas Tropicola tempat nongkrong konsep retro di Bali. Beach club dan kafe yang berada di pinggir pantai memang sudah mulai menjamur di Bali. Setiap tempat memiliki konsep dan tema unik yang ditonjolkan, serta menjadi identitas yang diburu oleh para pengunjung–salah satunya Tropicola. […]
Tropicola Tempat Nongkrong Konsep Retro di Bali