4 Hal Sepele Ini Sering Diabaikan Tapi Sangat Mempengaruhi Kesehatan

Hal-hal yang sifatnya sepele sering sekali diabaikan, padahal sebenarnya bisa sangat mengganggu kesehatan tubuh. Kebiasaan-kebiasaan sepele seperti minum sambil berdiri hingga bersin tidak tutup hidung dan masih banyak hal lainnya yang dilakukan, khususnya oleh orang Indonesia.

Kebiasaan-kebiasaan ini sering dianggap sepele oleh orang Indonesia namun sebenarnya sangat mempengaruhi kesehatan tubuh yang berdampak buruk, dan akan kita rasakan nantinya.

Nah, ulasan kali ini akan membahas mengenai hal-hal sepele yang sering diabaikan dan dapat mempengaruhi kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya : 

Jangan Sepelekan Hal-Hal Berikut untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Minum Sambil Berdiri

Minum merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting selain makan. Sebagian besar komposisi tubuh manusia adalah air, maka manusia akan bisa bertahan lebih lama jika tidak makan dibandingkan dengan tidak minum.

Kurang minum pun dapat membawa dampak buruk bagi tubuh. Tubuh akan menjadi dehidrasi dan akibatnya bisa membahayakan organ tubuh yang lain.

Nah, selain kurang minum ternyata ada satu hal lagi yang juga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh, yaitu minum sambil berdiri. Apakah Anda pernah atau bahkan sering melakukannya tanpa disadari?

Ternyata ada banyak dampak buruk yang terjadi jika Anda minum sambil berdiri khususnya dampak kesehatan bagi tubuh, diantaranya:

– Dapat Merusak Pencernaan 

Tahukah Anda? Ketika meneguk air sambil berdiri maka tenggorokan akan menyempit dan mengerut. Akibatnya air akan langsung masuk ke dalam tubuh dengan cepat tanpa melewati usus ataupun dinding usus. Kondisi yang seperti ini selanjutnya akan menimbulkan cipratan air ke dinding perut. Jika terus menerus terjadi maka dampak jangka panjangnya cipratan inilah yang dapat merusak sistem pencernaan.  

Selain itu, air yang masuk dengan cepat ke dalam tubuh tanpa melewati usus pun dapat menimbulkan dampak lain yaitu terhambatnya proses penghancuran makanan pada jaringan pencernaan. Akibatnya Anda dapat mengalami rasa nyeri pada perut, kembung, mual, atau bahkan hingga muntah. 

– Ginjal Tidak Dapat Melakukan Proses Penyaringan dengan Baik 

Selain terganggunya sistem pencernaan, minum sambil berdiri juga bisa berdampak buruk pada ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang cukup vital sehingga memiliki banyak fungsi, nah salah satu fungsinya adalah untuk melakukan proses penyaringan. Namun, jika Anda meminum air sambil berdiri, fungsi ginjal untuk menyaring akan terganggu.

Posisi tubuh ketika minum sambil berdiri dapat mengakibatkan filter penyaring pada ginjal menjadi tertutup. Jika demikian, maka air yang diminum akan langsung masuk ke kandung kemih tanpa melalui proses penyaringan terlebih dahulu pada ginjal. Akibatnya kotoran akan menumpuk di ureter dan lama kelamaan bisa menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Dampak jangka panjangnya lagi adalah kerusakan permanen pada ginjal. Menyeramkan bukan? Untuk itu, mulai dari sekarang stop minum sambil berdiri untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

– Resiko Terkena Arthritis 

Percaya nggak bahwa hanya karena minum sambil berdiri risiko arthritis dapat menghantui? Arthritis merupakan peradangan pada sendi yang dapat menimbulkan rasa sakit, bengkak, kaku, dan sulit bergerak.

Jika Anda minum sambil berdiri, air yang masuk ke dalam tubuh tidak tersebar secara merata termasuk ke bagian sendi. Akibatnya cairan tubuh menjadi tidak seimbang dan terjadi penumpukan cairan pada sendi yang dapat menyebabkan arthritis.

2. Ukuran Bra Tidak Sesuai

Bra merupakan salah satu hal paling penting untuk para wanita. Banyak sekali ragam bra dengan desain, bahan dan harga yang tersedia.

Umumnya, selain memilih bra yang memiliki desain lucu, cantik dan menarik, para wanita juga akan memilih bra dengan warna-warna yang dianggap memberi kesan seksi, manis serta cantik.

Saat memilih bra, usahakan agar tidak hanya memandang desain, model, warna atau harganya saja, ya! Anda harus memperhatikan bahwa hal yang lebih penting saat membeli dan memilih bra adalah ukuran bra yang tepat.

Karena jika Anda memilih bra dengan ukuran yang tidak sesuai itu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, seperti ruam pada kulit, mempengaruhi kesehatan pencernaan, meningkatkan risiko sakit leher, hingga dapat meningkatkan risiko kanker payudara. 

3. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Cuci tangan merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan setiap hari. Tanpa Anda sadari, ada banyak kuman yang bersarang di tangan kapan saja dan di mana saja, lo.

Nah, jika tidak rajin dibersihkan dan dicuci, tentu hal ini akan membuat kondisi kesehatan Anda semakin terancam. Ini juga bisa membuat berbagai macam bahaya untuk kesehatan tubuh, diantaranya diare, dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit, penularan hepatitis, dan keracunan makanan. Bahaya banget, kan?

4. Tidur dengan Lampu Menyala

Tidur merupakan waktu yang paling dinanti setiap orang. Pasalnya, setelah seharian beraktivitas tentu kita membutuhkan istirahat yang cukup agar saat bangun di pagi hari badan kembali fit.

Nah, bagi sebagian orang seringkali lebih menyukai tidur dalam keadaan lampu menyala. Padahal, tidur dengan keadaan lampu menyala sangat bahaya bagi kesehatan tubuh. 

Tidur dengan lampu menyala dapat menyebabkan risiko kanker semakin besar, mengapa? Sebuah riset dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengungkapkan jam tubuh seseorang ditentukan oleh cahaya. Cahaya juga berfungsi untuk membuat tubuh mengenal waktu dengan mengatur fungsi sel termasuk metabolisme. 

Dilansir dari Snuz, dua gen yang bertugas mengenal waktu punya kemampuan untuk menekan tumor. Pengaturan cahaya yang ‘membingungkan’ alias malam hari tapi terdapat cahaya terang bisa membuat penekan tumor menipis dan berpotensi membuat tumor memburuk.

Di sisi lain, wanita juga layak waspada sebab mereka makin berisiko terkena kanker payudara. Tidur dalam keadaan cahaya terang membuat tubuh kekurangan hormon melatonin. Hormon ini bertugas untuk menekan sel kanker. Ia banyak diproduksi malam hari dan sedikit kala mata mendeteksi adanya cahaya. Kekurangan melatonin membuat tubuh tak bisa memerangi sel kanker. 

Selain risiko kanker, tidur dengan lampu menyala juga dapat menyebabkan obesitas, lo. Para peneliti dari Universitas Oxford, Inggris menemukan wanita yang tidur di bawah nyala lampu memungkinkan mereka untuk memiliki index massa tubuh dan pinggang lebih besar daripada wanita yang tidur di tempat gelap.

Dilansir dari Woman’s Day, studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology ini menyebut cahaya bisa menurunkan produksi hormon melatonin sehingga mengganggu metabolisme dan pola makan.

Lebih Peduli dengan Kesehatan Tubuh

Nah, mulai sekarang lebih peduli dengan hal-hal kecil yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Tentunya, Anda nggak mau kan dengan terus mengikuti kebiasaan yang kami sebutkan di atas, kesehatan Anda menjadi taruhannya.

Anda bisa memulainya dengan hidup sehat dengan berolahraga dan makan-makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Semangat hidup sehat! Untuk lebih menjaga baca juga neh 7 resolusi hidup sehat untuk membantu lebih terjaga.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Apa Itu Quick Shifter ?

Wed Sep 18 , 2019
Hymar – Hallo bikers yang ada di seluruh dunia, pada kali ini kami akan membahas mengenai quick shifter. Apa itu quick shifter ? Cara kerjanya quick shifter di motor ? Mungkin bagi sebagian sudah paham dan mendengan mengenai quick shifter ini, tapi masih belum ngerti-ngerti banget apa sih gunanya, atau […]
Apa Itu Quick Shifter ?