4 Gerakan Peregangan yang Harus DiLakukan Sebelum Olahraga Lari

Olahraga kardio merupakan salah satu jenis yang paling diminati banyak orang. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga kardio juga dapat meningkatkan stamina tubuh.

Hingga saat ini, olahraga kardio yang paling umum dilakukan adalah berlari. Sebelum kamu melakukan olahraga lari, hendaknya lakukanlah serangkaian peregangan.

Ini berfungsi untuk memaksimalkan performamu  dan meminimalkan kemungkinan cedera. Agar latihan aman dan efektif, ada baiknya kamu mengetahui tahap-tahap yang baik dan benar karena ini sama pentingnya dengan mengetahui cara berlari yang sebenarnya.

Setiap kali meningkatkan frekuensi, intensitas, atau panjang jarak lari, pastikan kamu melakukannya secara bertahap sehingga tidak mengejutkan otot-otot yang akan menimbulkan cedera atau kram. Melansir dari Bustle.com, berikut empat gerakan peregangan yang dapat membantu kamu bersiap untuk berlari.

Peregangan pernapasan

Tubuh perlu bergerak sebelum kamu mulai berlari dan peregangan statis mempersiapkan tubuh untuk lebih relaks. Jadi, membuat peregangan yang lebih dinamis bisa sangat membantu selama pemanasan.

Apa pun jenis lari yang akan dilakukan, misalnya jogging atau lari cepat, melakukan peregangan pernapasan dengan lompatan minimal 10 kali repetisi dapat berguna untuk membangunkan otot di pinggul, bokong, paha belakang, dan paha depan. Betis kamu juga akan ikut membantu menjaga keseimbangan.

Peregangan kaki

Ayunkan kaki satu per satu ke depan, belakang, dan dari sisi ke sisi. Kamu dapat menyangga tangan di bangku, meja, atau dinding sesuai kebutuhan untuk keseimbangan. Tidak perlu menendang terlalu tinggi. Biarkan saja otot dan persendianmu berayun melalui berbagai gerakan yang solid.

Peregangan betis

Lakukan push up dengan jari-jari kaki yang berada di tanah dan tangan berada di bawah bahu. Dorong satu kaki pada saat akan berdiri, tetapi jaga agar jari-jari tetap di tanah dan tubuh bagian atas tetap stabil.

Dengan kata lain, injak kaki kamu sehingga betis mulai terasa aktif dan sedikit terbakar. Jika kamu membutuhkan peregangan yang lebih dalam, lakukanlah jumping jacks. Otot-otot betis akan sangat meregang melalui jumping jacks. Ini adalah jenis peregangan yang kamu butuhkan sebelum berlari.

Peregangan pinggul

Condongkan pinggul ke depan lalu geser ke atas ke arah kaki depan. Jaga agar tubuh tetap stabil dan tegak, karena kamu fokus pada peregangan pinggul, bukan punggung.

Ketika kamu telah bergerak bolak-balik dengan cara ini selama beberapa detik, angkat kedua tangan ke atas untuk mengembalikan keseimbangan. Perlahan, miringkan lengan dan dada ke satu sisi, lalu sisi lainnya, biarkan tulang rusuk meregang juga. Ulangi pada sisi satunya.

Itulah beberapa peregangan yang harus kami lakukan sebelum melakukan olahraga kardio, khususnya berlari.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Minuman Manis Picu Risiko Kematian Dini

Sat Feb 15 , 2020
Hymar – Anda sering minum yang manis-manis? Kurangilah mulai sekarang, demi kesehatan anda kemudian harinya. Minuman manis picu risiko kematian dini, tentunya tidak ingin terjadi pada anda bukan? Para ahli telah lama mengklaim konsumsi makanan atau minuman tinggi gula sangat berbahya bagi kesehatan. Kini, riset terbaru membuktikan, sering mengonsumsi minuman […]
Minuman manis picu risiko kematian dini