10 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

-Buah kedondong, ketika mendengar nama buah ini pasti langsung terbayang rasa yang asam namun menyegarkan dari buah ini. Buah kedondong merupakan salah satu jenis buah yang rasanya sangat asam, sehingga sangat jarang dikonsumsi begitu saja atau istilah umumnya adalah “digado”. Buah kedondong biasanya merupakan buah yang menjadi campuran dari rujak.

10 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

manfaat buah kedondongBiasanya buah kedondong dikaitkan dengan ritual ngidam yang dialami oleh ibu hamil. Selain itu, beberapa pengalaman juga mengatakan bahwa buah kedondong pada rujak lebih disenangi oleh wanita daripada pria. Buah kedondondong sendiri sudah banyak sekali olahannya. Jadi tanpa harus “digado” buah kedondong pun dapat dinikmati oleh anda. berikut ini adalah beberapa hasil olahan dari buah kedondong :

  • Manisan kedondong
  • Rujak
  • Keripik kedondong
  • Saus asam manis atau saus asam pedas
  • Asinan
  • Jus Buah Kedondong

    Kedondong sendiri memiliki ukuran yang kecil dan memiliki tekstur yang keras. Biasanya dimakan dengan cara diiris tipis terlebih dahulu ataupun dipotong kecil-kecil. Namun, walaupun memang rasanya yang identik dengan rasa asam, buah kedondong memiliki banyak sekali kegunaan bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kedondong bagi tubuh :

    1. Menjadi obat batuk

    Anda sedang sakit batuk? Mungkin dapat mencoba membuat obat sendiri dengan menggunakan manfaat buah kedondong untuk meredakan sakit batuk. Berikut ini langkah-langkah membuatnya :

    • Ambillah 3–4 buah kedondong
    • Cuci bersih buah kedondong
    • Parutlah semua buah kedondong yang sudah dicuci bersih
    • Peraslah parutan buah kedondong tersebut tanpa menggunakan air
    • Minum airnya 2 kali sehari.

    2. Obat penyembuh diare

    Untuk menyembuhkan diare dengan kedondong, juga membutuhkan kulit dari batang pohon kedondong. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan :

    • Ambil klit dari batang pohon kedondong. Kurang lebih 20 gr
    • Potong kulit tersebut kecil — kecil
    • Rebuslah hasil potongan kulit tersebut hingga mendidih
    • Saringlah hasil rebusan air tersebut.
    • Setelah dingin, minumlah hasil saringan dari rebusan yang sudah anda buat

    3. Menyegarkan tubuh dan menghilangkan kantuk

    Dengan rasa buahnya yang asam luar biasa, ternyata buah kedondong akan sangat efektif bagi yang sedang mengantuk dan lemas tubuhnya. Ketika mengkonsumsi buah yang asaM, tubuh akan bereaksi dan seolah merasa tersetrum dan akhirnya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar.

    4. Mencegah penyakit berbahaya

    Beberapa kandungan nutrisi dari buah kedondong, yang akan dibahas setelah ini memliki kegunaan yang sangat penting sebagai pencegah penyakit kronis dan penyakit berbahaya. Penyakit-penyakit tersebut antara lain :

    • Penyakit jantung
    • Penyakit kanker
    • Kolestrol tinggi (kedondong dapat menurunkan kadar kolesetrol di dalam darah)

    5. Mengandung Lemak dan Protein

    Kedondong adalah buah yang mengandung protein dan lemak sehat. Walaupun tidak banyak, tapi mengkonsumsi buah kedongdong dapat membantu memastikan asupan protein dan lemak yang memadai.

    6. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

    Vitamin C yang melimpah di kedondong membuat buah ini berguna sebagai alat bantu pertahanan tubuh melawan penyakit. Vitamin C akan menghasilkan sel darah putih yang bermanfaat bagi pertahanan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan juga ditemukan di kedondong membantu mencegah penuaan dini dan mempercepat proses penyembuhan.

    7. Halus pencernaan

    Kedondong mengandung serat tinggi, sehingga tidak diragukan lagi bahwa buah ini penting untuk pencernaan. Serat membantu buang air besar sehingga proses pembuangan limbah makanan menjadi lancar.

    8. Kandungan gula alami

    Manfaat kesehatan kedondong untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan gula. Buah ini mengandung gula alami yang dianggap lebih sehat dari pada gula lainnya. Mendapatkan manfaat ini dengan mengkonsumsi jus kedondong, atau dengan cara makan kedondong secara langsung.

    9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

    Kandungan vitamin C buah kedondong membantu memperbaiki jaringan dan memberi nutrisi pada kulit. Ini meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan keindahan kulit. Kedondong juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Daun kedondong direbus dan ekstraknya digunakan sebagai pengganti body lotion dan pelembab. Secara tradisional, akar pohon digunakan untuk merawat kulit gatal.

    10. Membantu Menurunkan Berat Badan

    Buah kedongdong rendah lemak, karbohidrat dan tinggi serat makanan. Meski buahnya rendah kalori, ia memberi nutrisi yang dibutuhkan ke tubuh. Jadi, ini adalah buah yang ideal untuk menurunkan berat badan. Kandungan air buah memberikan rasa kenyang dan juga mencegah makan berlebih.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Keajaiban Tubuh Manusia Yang Membuat Kita Terpana

Fri Dec 27 , 2019
Hymar – sebagai manusia ada beberapa keajaiban tubuh manusia yang membuat kita terpana dan terkadang kita merasa sok hebat, sehingga merasa paling bisa segalanya. Bahkan fenomena “keakuan” akan semakin mendongkrak rasa sombong itu. “Kalau bukan karena aku. Kalau tak dibantu aku. Kalau bukan biaya dari aku.” Maka dari itu, agar […]
Keajaiban Tubuh Manusia Yang Membuat Kita Terpana